Cara Mengatasi Telinga Yang Kemasukan Air

Jumat, Juli 11, 2014
PilihanIni - Ketika kita sedang mandi atau berenang, air bisa masuk ke dalam telinga kita tanpa sengaja. Meski kemasukan air bukan kondisi yang serius, namun rasanya bisa sangat tidak nyaman. Tidak jarang juga telinga terasa sakit atau pendengaran menjadi berkurang karena kemasukan air.

Ketika kemasukan air, telinga juga bisa terasa gatal akibat air yang terjebak dalam kanal telinga. Untuk meredakan sensasi hal ini, Anda harus berusaha untuk mengeluarkan air dari telinga atau mengeringkan air di dalam telinga.


Berikut, Cara Mengatasi Telinga Yang Kemasukan Air :

Cara 1
Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengeluarkan air dari telinga adalah dengan memiringkan kepala hingga sejajar dengan lantai. Lalu, letakkan telapak tangan ke bagian telinga yang kemasukan air. Tekankan telapak tangan dengan lembut ke lubang telinga yang kemasukan air, kemudian lepas dengan cepat. Ini akan membuat tangan berubah menjadi vakum sementara yang membantu mengisap air keluar. Setelah air keluar sedikit demi sedikit, Anda bisa menggunakan korek kuping untuk membersihkan telinga.

Cara 2
Tutup mulut dan pegang hidung dengan tangan. Kemudian ambil napas panjang dan keluarkan udara melalui lubang hidung. Ini dapat mengatur tekanan udara dan membuat saluran eustachian, sehingga mengurangi rasa tak nyaman pada telinga yang kemasukan air.

Cara 3
Anda juga bisa menggunakan pengering rambut (Blow dryer) untuk mengeringkan air dalam telinga. Pegang pengering rambut sekitar 25 cm di depan telinga, atur panas paling rendah dan kecepatan angin yang rendah. Setelah itu nyalakan dan biarkan anginnya masuk ke telinga, biarkan selama beberapa detik. Ulangi sesuai kebutuhan.

Cara 4
Sediakan seperempat cangkir garam dan panaskan dalam microwave. Lalu, letakkan dalam kain katun dan ikat dengan kencang. Letakkan kain tersebut di dekat lubang telinga dan biarkan selama beberapa menit agar garam menyerap air di dalam telinga.

Cara 5
Hancurkan beberapa siung bawang putih dan ambil saripati di dalamnya. Ambil sekitar dua sampai tiga tetes sari bawang putih, kemudian masukkan dalam telinga yang kemasukan air. Tunggu selama beberapa menit, kemudian keringkan telinga menggunakan pengering rambut seperti cara nomor 3. Ini akan mengeringkan air dalam telinga sekaligus menghilangkan rasa sakit akibat kemasukan air.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Kolom komentar tersedia untuk berdiskusi, berbagi ide, dan pengetahuan antar pengunjung juga Admin. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik. Setialah pada topik apa yang telah dibahas. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap Suku, Agama, Ras, atau Antargolongan tertentu. Terimakasih atas pengertiannya.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔