Cara Melihat Apakah Android Sudah Di Root Atau Belum

Kamis, Juni 26, 2014
PilihanIni - Sebagian besar komputer memang memiliki akses root atau rooted saat Anda membelinya, tetapi tidak dengan sebuah perangkat Android. Itu karena perangkat mobile ini secara umum ada dalam pengawasan aturan perundang-undangan sementara akses root baik untuk tablet maupun smartphone Android hingga saat ini belum dianggap standar.

Untuk mencegah pengguna perangkat Android menggunakan akses yang "Kelewat batas" OEM tidak membolehkan akses "SuperUser" secara default. Melalui rooting, SuperUser akan bisa punya akses, membaca, kontrol serta edit komponen dalam level tinggi dan karenanya produsen perangkat Android tidak menyertakan fitur rooting secara default.

Memang tidak ada tanda-tanda yang bisa dilihat bahwa sebuah Android device telah root atau belum, tidak berupa notifikasi, kedip LED, atau jenis-jenis lainnya. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengeceknya.


Berikut, Cara Melihat Apakah Android Sudah Di Root Atau Belum :

Sebelum memulai rooting sebuah perangkat Android, sebuah aplikasi bernama "SuperUser" atau SU seringkali (Tidak selalu) telah terinstall. Program tersebut bisa memberitahu Anda apakah command SuperUser bisa dipakai atau belum. Jika Anda bisa menemukan sebuah program SuperUser, maka bisa dipastikan perangkat Android Anda telah root.

Jika masih belum yakin, Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi Android yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi semacam Root Checker (Gratis) bisa Anda coba untuk melihat apakah perangkat Android yang Anda pakai telah root atau belum.

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan install sebuah "Terminal" client. Terminal adalah sebuah window berbasis teks yang memungkinkan Anda menjalankan command di perangkat Linux, dalam hal ini termasuk smartphone dan tablet Android. Terminal merupakan command line interface untuk Linux, mirip DOS.

Anda bisa mencarinya di Google Play Store lalu install saja. Saat Terminal client telah terbuka, ada beberapa hal penting yang harus Anda cermati. Jika terlihat sebuah symbol "#" maka perangkat Android yang Anda pakai telah root dan berada dalam SuperUser mode.


Sebaliknya, jika yang terlihat adalah sebuah "$" maka Android device tersebut tidak berada dalam superuser mode, tetapi bukan otomatis berarti belum root.


Untuk memastikannya, ketikkan "Date" lalu Enter. Jika benar maka akan terlihat tanggal dan jam tetapi jika tidak terlihat maka Terminal tidak bekerja dengan benar dan Anda perlu install Terminal client lain.

Selanjutnya jika tanggal dan jam bisa ditampilkan, lanjutkan dengan mengetikkan "SU" lalu Enter. Jika perangkat Android telah root maka baris berikutnya yang muncul akan didahului dengan tanda "#". Artinya Anda telah mendapatkan akses root dan perangkat Android tersebut siap untuk menjalankan SuperUser commands. Jika belum di root maka perintah "SU" tidak akan bisa dikenali oleh Terminal.
Previous
Next Post »
17 Komentar
avatar

wah thx pak infonya
ternyata android ane blum di root
root duluah

Balas
avatar

Berguna banget nih gan. Thanks infonya :)

Balas
avatar

ini toh caranya, makasih infonya gan, nice artikel :D

Balas
avatar

Ternyata setelah saya cek di android saya, belum di root nih sob , makasih sob infonya .

Balas
avatar

Sama-sama Sob.
Ini cara melihat apakah Android sudah di root atau belum, bukan tutorial untuk root Android Sob...

Balas
avatar

Sama-sama Sob.
Semoga bermanfaat.

Balas
avatar

Iya Sob, begini cara melihat apakah Android sudah di root atau belum.
Semoga bermanfaat.

Balas
avatar

Wah, langsung di cek nih. :D
Bagus Sob, masih original = masih bekualitas.

Balas
avatar

Walah Gan Makasih Infonya :D , Bermanffat :D

Balas
avatar

Thnaks gan infonya.. :D bermanfaat banget nih..

Balas
avatar

Jadi kalo ada tulisan SU : not found itu artinya belum diroot ya gan??

Balas
avatar

Saya udah cek nih. Saya tulis su, udah ngeganti jadi #. Tapi kok ke app yang harus rooted gagal terus ya? Di hh saya juga udah ke install SuperSu

Balas
avatar

Apakah Sobat sudah menjalankan seperti tutorial diatas? Jika iya, lalu saya menjalankan dan hasil baik-baik saja (berhasil). Mungkin Sobat kurang detail, coba dilakukan kembali. :)

Balas
avatar

Bukan seperti itu Sob, terkadang aplikasi SuperUser (SU) yang sudah terinstall namun ketika dijalankan eror, bisa juga waktu Sobat gunakan SuperUser (SU) itu sedang eror. Coba lagi, jika seperti itu terus, berarti Android Sobat belum diroot.

Balas
avatar

Setiap saya toot falid terus kenapa ganz

Balas

Kolom komentar tersedia untuk berdiskusi, berbagi ide, dan pengetahuan antar pengunjung juga Admin. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik. Setialah pada topik apa yang telah dibahas. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap Suku, Agama, Ras, atau Antargolongan tertentu. Terimakasih atas pengertiannya.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔