Unik! Hewan Ini Tidur Dengan Cara Yang Aneh

Sabtu, April 26, 2014
PilihanIni - Dalam dunia hewan tidur adalah sebuah hal yang umum walaupun ini tidak universal. Hewan darat misalnya tidur dengan menutup mata, sedangkan hewan laut belum dapat 100 persen dibuktikan, walau banyak yang mengganggap bahwa mereka juga tidur. Lumba-lumba atau paus bahkan mengorok. Lumba-lumba misalnya tidur dengan satu bagian otak saja atau hemisphare, hal ini dikarenakan penyesuaian kebutuhan seekor lumba-lumba bernapas dalam air. Oleh sebab itu lumba lumba tidak melalui fase tidur REM. Contoh lain misalnya singa laut dan anjing laut, mereka dapat tidur di darat maupun di laut. Jika di darat mereka mengalami fase tidur yang sama seperti manusia, jika di laut mengalami fase tidur yang sama seperti lumba-lumba.

Saat ini, semua hewan bertulang belakang (Lebih tepatnya bertulang rahang) dipercaya ilmuwan mengalami fase tidur yang sama seperti manusia (Perkecualian, Echidna). Burung juga menunjukkan tidur, walau tidak pasti apakah mereka tidur dengan menonaktifkan sebagian otak. Pada beberapa binatang lain seperti ular, kadal atau ikan sulit ilmuwan percaya mereka juga tidur. Penilaian dalam eksperimen menjadi semakin sulit ketika harus membedakan istirahat biasa suatu organisme dari keadaan tidur.


Berikut, Unik! Hewan Ini Tidur Dengan Cara Yang Aneh :

1. Siput Gurun
Kalau Anda fikir kucing adalah hewan paling malas, tapi rekor tidurnya masih kalah dengan yang satu ini. Bahkan beruang, yang terkenal suka hibernasi (Tidur panjang) selama musim dingin juga kalah jauh. Ya, inilah pemegang rekor terlama (Siput gurun). Hewan yang satu ini bisa tertidur sampai tiga tahun berturut-turut tanpa terbangun.

2. Kucing
Rata-rata kucing tidur selama 13 sampai 14 jam setiap hari, dan lebih banyak terbangun di malam hari. Ini juga berlaku bagi kucing-kucing besar seperti singa dan macan yang biasa berburu di malam hari.

3. Jerapah
Jerapah memiliki kemampuan yang unik dalam hal menahan ngantuk. Ini karena jerapah bisa bertahan terus terjaga hingga berminggu-minggu tanpa tidur siang.

4. Platypus
Saat tidur, platypus melakukan gerakan yang sama dengan saat dia sedang mencari mangsa. Ini kemungkinan besar untuk menutupi bahwa dia sedang tertidur, sehingga mangsa atau musuh tak akan berani mengganggunya.

5. Babon Papio Afrika
Untuk menghindari pemangsa, monyet babon papio Afrika tidur di pucuk pohon tanpa berbaring. Mereka bisa tertidur sambil duduk dan berpegangan pada pohon.

6. Kelelawar
Kelelawar tidur dengan kepala menghadap ke bawah. Ini tentu bukannya tanpa alasan. Posisi ini menguntungkan saat ada pemangsa yang mendekat. Dengan begitu, mereka bisa langsung terbang untuk melarikan diri.

7. Semut
Kebanyakan orang mengira semut tidak pernah tidur. Padahal faktanya, semut pekerja bisa tidur sebanyak 253 kali dalam sehari. Bagaimana bisa? Ini karena mereka hanya menghabiskan waktu 1,1 menit saja untuk satu kali tidur.

8. Albatros
Albatros adalah salah satu jenis burung yang memiliki kebiasaan tidur unik. Tak perlu mencari sarang untuk tertidur, karena burung albatros bisa tidur sambil terbang.

9. Kuda Dan Sapi
Kuda dan sapi bisa tidur sambil berdiri. Namun mereka tidak mengalami tidur REM secara penuh. Ini menyebabkan kuda dan sapi tak bisa tidur nyenyak, hingga bermimpi, kecuali saat mereka tidur sambil berbaring.

10. Lumba-Lumba
Lumba-lumba bisa berenang dengan sebagian otak mereka tertidur. Mereka bisa memiliki gelombang otak non REM  yang berfungsi sama seperti ketika manusia tidur, sementara sebagian otaknya tetap terbangun.
Previous
Next Post »
16 Komentar
avatar

ternyata ada juga hewan yang tidurnya aneh, mungkin itu udah diatur oleh sang pencipta

Balas
avatar

Iya Gan. Semuanya sudah ada yang mengatur :)

Balas
avatar

Tidur nya emang aneh tapi lelap juga yaa :) hhehe

Balas
avatar

siput gurun keren tuh tdrnya 3th, kalo kucing misalkan merasa lapar tuh kucing pasti bngun (sama kaya manusia), tapi klo tuh siput keren puasa 3th

Balas
avatar

Hehehe, namanya juga tertidur Gan, pasti lelap. Kecuali lumba-lumba tuh yang tidurnya hanya sebagian :D

Balas
avatar

Iya tuh hampir sulit di percaya juga sih, tapi memang kenyataannya seperti itu :D

Balas
avatar

Sebenarnya koala juga. Tapi saya tidak mempunyai penjelasan yang cocok untuk hewan tersebut. Takut salah, mending tidak di cantumkan. Tapi di gambar ada kok.

Balas
avatar

baru tau ane, soal nya juga gak pernah mandangin hewan tidur hahaha
but nice share gan

Balas
avatar

Cara mereka tidur memang unik gan... apalg semut cuma 1 menit waktu mereka tidur..
Info yang bagus...

Balas
avatar

Hehehe, iya Gan. Lucu dan unik juga kalau di fikir-fikir :D

Balas
avatar

Informatif, menambah khasanah pengetahuan ttg hewan... heeeeeem thanks :)

Balas
avatar

Oke Gan. Semoga bermanfaat untuk pengetahuan tentang hewan ini :)

Balas

Kolom komentar tersedia untuk berdiskusi, berbagi ide, dan pengetahuan antar pengunjung juga Admin. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik. Setialah pada topik apa yang telah dibahas. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap Suku, Agama, Ras, atau Antargolongan tertentu. Terimakasih atas pengertiannya.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔