Cara Jadi Pintar Itu Gampang! Cukup Lakukan Tips Ini!

Jumat, Agustus 01, 2014
PilihanIni - Pengetahuan adalah tulang punggung bagi kehidupan manusia. Pengetahuan yang mengantarkan kita ke zaman serba modern seperti sekarang. Dunia tidak akan berhenti sampai di sini, entah penemuan-penemuan apalagi yang akan muncul di masa depan. Pengetahuan tidak akan pernah habis, dan itulah alasannya kenapa kita tidak boleh berhenti belajar.


Berikut, Cara Jadi Pintar Itu Gampang! Cukup Lakukan Tips Ini! :

Tetap Pelihara Kesehatan

1. Menggoyangkan Kaki
Kurang darah bisa menyebabkan menurunnya kemampuan untuk konsentrasi. Jika Anda terlalu lama duduk, sebaiknya goyangkan kaki selama satu atau dua menit. Dengan begitu peredaran darah Anda akan kembali lancar, sehingga kemampuan untuk konsentrasi dan mengingat pun akan meningkat.

2. Sarapan
Memulai hari tanpa sarapan ternyata bukan kebiasaan yang baik. Pasalnya, kreativitas manusia cenderung lebih optimal di waktu pagi hari. Otak Anda butuh asupan protein untuk bisa bekerja. Bahkan, kekurangan protein bisa mengakibatkan sakit kepala.

3. Makan Siang Yang Ringan
Makan siang dengan porsi besar dan kalori yang banyak akan mengakibatkan rasa kantuk. Meskipun sebenarnya rasa kantuk itu bisa disalurkan dengan tidur siang, tidak semua sekolah atau kantor akan mengizinkanmu melakukan hal itu.

4. Konsumsi Ginkgo Biloba
Selama berabad-abad Ginkgo Biloba dikonsumsi sebagai suplemen alami penguat daya ingat. Di China, Ginko Biloba dapat dipercaya sukses mengembalikan ingatan pada tikus.

5. Cegah Stres
Stres dan depresi akan menghambat kemampuan untuk belajar menyerap dan mengingat informasi. Salah satu cara mengatasi stres dan depresi adalah dengan mengurangi konsumsi makanan olahan.

Keseimbangan

6. Tidur
Dr. Maxvell Maltz dalam bukunya yang berjudul Psyco Cybernetics menjelaskan tentang bagaimana seorang pengusaha sukses dalam bekerja.

"Pengusaha itu masuk ke ruang kerjanya, mengunci pintu, mematikan lampu, dan menutup mata. Dia fokus pada masalahnya, lalu tertidur sebentar di kursi sofa. Ketika dia terbangun, dia sudah punya ide dan menemukan jalan keluar untuk masalahnya."

7. Istirahat
Stres ternyata bisa terjadi tanpa kita sadari, misalnya saat duduk atau berpikir terlalu lama. Caranya bisa sangat mudah, yaitu mengubah aktivitas fisik dan mental dalam beberapa saat. Istirahat 5 sampai 15 menit setelah belajar 1 jam akan lebih baik daripada belajar selama 3 jam secara langsung.

Jeda ini akan memberi waktu istirahat bagi otak untuk santai (Rileks) dan menyerap ilmu. Bisa juga menerapkan pola istirahat selama 20 menit setelah bekerja selama 90 menit penuh.

8. Jalan Kaki
Mengubah pandangan bisa jadi mengurangi tekanan yang dirasakan saat belajar. Hal itu akan membebaskan pikiran untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif. Sesekali cobalah berjalan kaki di sekitar rumah, kampus, atau kantor di sela-sela menyelesaikan pekerjaan atau ketika belajar.

9. Alihkan Fokus
Istirahat yang cukup terkadang belum bisa mengistirahatkan otak. Inilah saat yang tepat untuk mengalihkan fokus Anda. Misalnya, Anda sedang membaca. Cobalah untuk beralih fokus dengan menggambar atau mendengarkan musik.

Konsentrasi

10. Jangan Terpatok Pada Satu Cara Belajar
Ada 3 cara belajar: Visual (Apa yang dilihat), kinesthetic (Apa yang bergerak), dan auditory (Apa yang didengar). Jika salah satu sudah membuat Anda merasa lelah, maka cobalah cara belajar yang lainnya.

11. Meditasi Dengan Jalan Kaki
Cobalah melakukan meditasi dengan berjalan kaki untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan mengembalikan fokus Anda. Tapi, sebaiknya hindari berjalan menuju jalan raya atau tempat-tempat lain yang berbahaya.

12. Fokus Berarti Mengabaikan Hal Lain
Jangan membaca sambil menonton TV, mendengar teman ngobrol, atau memikirkan hal yang lain. Gangguan atau rasa khawatir yang mungkin sedang Anda rasakan akan menghambat proses  untuk menyerap ilmu.

13. Matikan Lampu
Selain meditasi, cara lain untuk bisa fokus adalah belajar dalam gelap. Tujuannya agar proses belajar tidak terpengaruh oleh hal-hal lain. Mematikan lampu sangat cocok untuk belajar secara kinestetik, misalnya belajar chord pada gitar.

14. Mandi
Mandi akan membuat tubuh terasa rileks dan pikiran lebih siap menemukan ide-ide cerdas yang baru.

Teknik Mengembalikan Ingatan

15. Mendengarkan Musik
Berbagai penelitian sudah menjelaskan hal ini. Bahwa beberapa jenis musik terbukti bisa mengembalikan dan meningkatkan daya ingat. Membaca sambil mendengarkan musik akan membuat kita lebih mudah mengingat apa yang sudah Anda baca ketika memutar musik yang sama di lain waktu.

16. Membaca Dengan Cepat
Banyak orang percaya bahwa membaca cepat mungkin membuat kita kehilangan informasi-informasi yang sangat penting. Faktanya, membaca cepat bisa menyaring informasi yang tidak relevan. Sebaliknya, membaca dengan tempo yang lambat justru membuat Anda kehilangan kemampuan menyerap ide-ide umum.

17. Gunakan Akronim Dan Teknik Mnemonik
Belajar dengan akronim adalah belajar seperti ketika menghafal warna pelangi menjadi MeJiKuHiBiNiU. Sementara, teknik atau metode mnemonik dilakukan dengan membuat rumusan, ungkapan, atau menghubungkan kata, ide, dan khayalan.

Belajar Dengan Alat Peraga

18. Setiap Gambar Punya Cerita
Segera buatlah gambar atau sketsa untuk memvisualisasikan apa yang sedang Anda inginkan. Ya, sebuah gol yang bisa dijelaskan secara konkret akan membuat Anda lebih mudah untuk meraihnya.

19. Buat Peta Pikiran (Mind Map)
Ingin merencanakan sesuatu? Buatlah sebuah peta pikiran. Peta ini akan membantu Anda menjelaskan keseluruhan sekaligus detail rencana Anda. Melalui peta pikiran Anda bisa melihat jika ada ide-ide yang tidak sesuai dengan konsep besarnya. Selain itu, membuat peta pikiran adalah salah satu cara brainstorming yang paling efektif.

20. Belajar Simbol Dan Semiotika
Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tanda dan simbol. Jika Anda memahaminya, makna simbol akan memudahkan untuk mempelajari beberapa disiplin ilmu. Simbol dapat merangkum berbagai informasi secara efisien.

21. Gunakan Pola Informasi
Salah satu yang menggunakan pola informasi adalah ketika Anda mempelajari ilmu estetika. Desain dan tautan-tautan informasi itulah yang membuat Anda bisa belajar dengan struktur yang jelas, sehingga ilmu yang diserap jadi lebih banyak dan teratur.

22. Teknik Belajar Visual
Mempelajari suatu ilmu bisa dilakukan dengan cara membuat diagram atau peta konsep sebagai pembelajaran secara visual. Lebih jelasnya Anda bisa cek di Gliffy dan Inspiration.

23. Peta Untuk Tugas-Tugasmu
Ketika belajar, Anda mungkin kesulitan untuk mengatur apa saja yang seharusnya dipelajari. Sebaiknya buat peta tentang tugas-tugasmu terlebih dahulu. Pastikan Anda tidak melewatkan topik-topik baru yang seharusnya Anda pelajari.

Teknik Belajar Dengan Lisan Dan Mendengar

24. Menstimulasi Ide
Buatlah permainan kata berima sekalipun rima-rima itu tidak ada maknanya secara bahasa. Dengan begitu Anda bisa melatih otak untuk berpikir cepat dan kreatif.

25. Brainstorm
Brainstorm berarti satu waktu yang digunakan untuk menggabungkan berbagai kegiatan verbal seperti menulis dan berdiskusi. Kegiatan ini bisa dilakukan sendiri, tapi akan lebih baik jika dilakukan secara bersama-sama dalam sebuah grup.

Dalam melakukan brainstrorm dengan kelompok ada beberapa aturan yang harus dipatuhi. Pertama, tidak boleh membatasi siapapun untuk menyampaikan idenya. Kedua, ide yang disampaikan tidak boleh langsung dikritisi. Kumpulkan semua ide terlebih dahulu, lalu dianalisa setelahnya. Ya, terlibat dalam proses brainstorming membantu Anda menilai apa yang sudah Anda ketahui dan apa yang belum Anda tahu.

26. Metode Osmosis
Osmosis adalah proses perpindahan molekul air. Lalu, apa kaitannya dengan metode belajar? Silahkan gunakan ponsel untuk merekam suara Anda saat menghafal teori kimia atau belajar bahasa asing. Letakkan di bawah bantal dan putar rekaman itu selama Anda tidur. Amati hasilnya!

27. Terapi Binaural Beats
Binaural Beats adalah jenis terapi otak, yaitu memproduksi dan mereduksi gelombang otak. Terapi ini dapat membuat seseorang merasa lebih tenang baik secara mental maupun emosional.

28. Tertawa
Hal yang sederhana ini dapat membuat tubuh menjadi rileks sehingga pikiran pun lebih mudah menghasilkan ide-ide baru.

Teknik Kinestetik

29. Menulis Tangan Lebih Baik Daripada Mengetik
Mengetik mungkin lebih cepat dan lebih praktis, tapi menulis dengan tangan bisa menstimulasi ide. Hal ini disebabkan kebiasaan sederhana seperti memegang pensil atau bolpoin yang menimbulkan pijatan di titik-titik akupunktur tangan.

30. Jangan Pernah Lupa Bawa Buku Catatan
Anda tidak pernah tahu kapan ide itu akan datang. Bisa jadi saat melakukan meditasi sambil berjalan atau setelah tidur siang. Membawa buku catatan akan memudahkanmu mecatat ide-ide itu.

31. Membuat Jurnal
Berbeda dengan menulis di buku catatan, membuat jurnal butuh ketelitian yang lebih. Perlu pengamatan dari waktu ke waktu dan menambahkan rincian visual seperti grafik, diagram, atau peta pikiran. Cara-cara kreatif ini membuat Anda lebih paham dengan apa yang sedang Anda kerjakan.

32. Atur Jurnal Anda
Gunakan pembatas warna-warni untuk membagi catatan atau jurnal Anda. Dengan begitu Anda akan lebih mudah ketika akan mempelajarinya lagi.

33. Gunakan Post-It Notes
Anda bisa mencatatkan ide-ide Anda tanpa harus mengotori buku atau jurnal Anda.

Motivasi

34. Menghargai Diri Sendiri
Fokus pada tujuan Anda dan pikirkan bahwa itu adalah ide yang bagus. Inilah cara yang sederhana untuk menghargai diri sendiri.

35. Temukan Alasanmu Melakukan Sesuatu
Kenapa Anda ingin belajar? Apa yang ingin Anda dapatkan? Jika Anda sendiri tidak tahu alasannya, Anda pun bakal lebih mudah beralih fokus.

36. Buat Gol Yang Jelas
Ketika Anda sudah yakin dengan tujuan belajar Anda, maka kesulitan seperti apapun akan siap Anda hadapi.

37. Berpikir Positif
Tidak ada artinya membuat gol untuk proses belajar Anda jika Anda tidak punya keyakinan bahwa Anda bisa belajar dan akan jadi pintar. Salah satu kunci keberhasilan adalah kemampuan untuk selalu berpikir positif.

38. Menjadi Orang Yang Hidupnya Teratur
Belajar mungkin hanya salah satu bagian dari kehidupan manusia dewasa sehari-hari. Anda harus bisa mengatur waktu untuk rencana-rencana belajar Anda. Tanpa keteraturan, tidak bisa terbayang berapa banyak kesempatan untuk belajar yang hilang.

39. Skill Itu Dipelajari
Setiap skill dalam kehidupan ini bisa dipelajari. Jadi, jika orang lain bisa belajar, Anda juga pasti bisa. Hal itu mungkin butuh usaha ekstra. Tapi, jika Anda yakin dan percaya dengan gol Anda sendiri, maka Anda pun akan bisa meraihnya.

40. Siapkan Dirimu Untuk Belajar
Berpikir positif aja tidaklah cukup untuk meraih gol Anda dengan sukses. Bagi Anda yang sudah dewasa, akan rentan mendapat distraksi saat ingin belajar. Gunakan cara-cara untuk mengurangi distraksi itu dalam beberapa jam. Bagaimanapun distraksi  membuat  belajar bisa jadi sangat melelahkan.

41. Lihat Sekitar Anda
Mungkin tidak semua orang bakal setuju atau menanggapi secara bijaksana atas apa yang Anda lakukan. Mereka mungkin akan mengganggu kegiatan belajar Anda karena tidak setuju.

Jika Anda harus mengikuti kelas sepulang kerja, pastikan teman-teman kantor tau tentang apa yang Anda kerjakan. Hal itu penting supaya Anda tidak harus kerja lembur atau semacamnya. Jika bos Anda ternyata justru menambahkan pekerjaan di hari-hari itu, Anda mungkin memang harus mengubah jadwal belajar Anda.

42. Motivasi Diri Anda Sendiri
Setiap orang butuh struktur dalam hidup. Kebebasan kadang justru terdengar mengerikan. Dengan memberikan tenggat waktu pada diri Anda sendiri, entah itu membatasi waktu dan tugas-tugas yang sedang Anda kerjakan, Anda akan bisa belajar dengan lebih cepat.
Previous
Next Post »
4 Komentar
avatar

gampang, namun sulit untuk dilaksanakan :D
aku orangnya pemales hehe

Balas
avatar

Asal ada kemauan, insyaAllah bisa kok. :)

Balas
avatar

Artikel, bukan tutorial. :o

Balas

Kolom komentar tersedia untuk berdiskusi, berbagi ide, dan pengetahuan antar pengunjung juga Admin. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik. Setialah pada topik apa yang telah dibahas. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap Suku, Agama, Ras, atau Antargolongan tertentu. Terimakasih atas pengertiannya.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔