Ciri-Ciri Jika Anda Telah Dewasa

Sabtu, Mei 03, 2014
PilihanIni - Istilah dewasa menggambarkan segala organisme yang telah matang, tapi lazimnya merujuk pada manusia: orang yang bukan lagi anak-anak dan telah menjadi pria atau wanita dewasa. Saat ini Dewasa dapat didefinisikan dari aspek biologi yaitu sudah akil baligh, hukum sudah berusia 16 tahun ke atas atau sudah menikah, menurut undang-undang perkawinan yaitu 19 tahun untuk pria dan 16 tahun untuk wanita dan karakter pribadi yaitu kematangan dan tanggung jawab. Berbagai aspek kedewasaan ini sering tidak konsisten dan kontradiktif. Seseorang dapat saja dewasa secara biologis, dan memiliki karakter perilaku dewasa, tapi tetap diperlakukan sebagai anak kecil jika berada di bawah umur dewasa secara hukum. Sebaliknya, seseorang dapat secara legal dianggap dewasa, tapi tidak memiliki kematangan dan tanggung jawab yang mencerminkan karakter dewasa.

"Dewasa" kadang juga berarti "Tidak dianggap cocok untuk anak-anak", terutama sebagai suatu eufimisme yang berkaitan dengan perilaku seksual, seperti hiburan dewasa, video dewasa, majalah dewasa, serta toko buku dewasa. Tetapi, pendidikan orang dewasa hanya berarti pendidikan untuk orang dewasa, dan bukan spesifik pendidikan seks.

Menurut psikologi, dewasa adalah periode perkembangan yang bermula pada akhir usia belasan tahun atau awal usia duapuluhan tahun dan yang berakhir pada usia tugapuluhan tahun. Ini adalah masa pembentukan kemandirian pribadi dan ekonomi, masa perkembangan karier, dan bagi banyak orang, masa pemilihan pasangan, belajar hidup dengan seseorang secara akrab, memulai keluarga, dan mengasuh anak anak.


Berikut, Ciri-Ciri Jika Anda Telah Dewasa :

1. Mengecek Kalender Dengan Alasan Berbeda
Maksud mengecek kalender disini bukan hanya sekedar mengetahui hari, tanggal, dan bulan saja. Tetapi lebih mengetahui kepada planning-planning terkait dengan suatu hal misalnya keuangan, liburan bersama keluarga dengan tujuan mendekatkan kembali dengan sesama anggota keluarga, target pekerjaan, atau untuk pelajar dan mahasiswa adalah target pelajaran, mata kuliah, serta tugas-tugas yang diberikan oleh guru atau dosen.

2. Suka Mengunjungi Lingkungan Baru
Hal ini adalah interprestasi dari sikap keberanian seseorang untuk mencoba hal-hal baru dan efeknya adalah bertambahnya relasi atau kenalan yang tentunya akan mempengaruhi pola pikir serta akan meningkatkan status kedewasaan yang dalam arti adalah semakin bertambahnya pengalaman. Sekaligus menyadari bahwa manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain terkait hal-hal yang memang memerlukan bantuan.

3. Sadar, Bahwa Tidak Semua Kemauan Di Dunia Akan Tercapai
Sadar disini bukan berarti putus asa, namun lebih kepada seseorang untuk memikirkan suatu hal dengan membedakan skala prioritas bahwa kemauan yang harus segera dicapai tersebut merupakan prioritas utama atau tidak.

4. Ulang Tahun Anda, Membuat Anda Depresi
Ulang tahun masih menjadi momen yang sangat menyenangkan dan spesial untuk Anda, tetapi jika boleh jujur, ada juga sedikit rasa gelisah dalam hati waktu sadar bahwa Anda sekarang semakin tua dan semakin tua.

5. Tanggung Jawab
Ini adalah hal yang paling umum tetapi justru ini yang paling pokok dan biasanya seseorang akan terlihat sudah dewasa atau belum dilihat dari segi tanggung jawab seseorang tersebut terhadap hal-hal yang sedang direncanakan dan dilakukan atau telah dilakukan.

6. Berpikir Lebih Dari 1 Kali
Berpikir positif merupakan sikap mental yang melibatkan proses memasukan pikiran-pikiran, kata-kata, dan gambaran-gambaran yang konstruktif (Membangun) bagi perkembangan pikiran Anda. Pikiran positif menghadirkan kebahagiaan, sukacita, kesehatan, serta kesuksesan dalam setiap situasi dan tindakan Anda. Apapun yang pikiran Anda harapkan, pikiran positif akan mewujudkannya. Jadi berpikir positif juga merupakan sikap mental yang mengharapkan hasil yang baik serta menguntungkan.
Previous
Next Post »
14 Komentar
avatar

Ada salah satu ciri saya yang sama dengan artikel, apakah itu menandakan sudah dewasa? ataukah belum?

Balas
avatar

Tergantung dari diri Anda sendiri. Dewasa itu bukan tergantung dari umur, tetapi dari cara pola berpikirnya, dan bisa mengendalikan sifat-sifat negatif, kalau menurut saya :)

Balas
avatar

Wah Ternyata Ane Termasuk :D , Akhirnya Gede Juga :D

Balas
avatar

Bagus Gan, semangat untuk kedewasaannya :D

Balas
avatar

Kayaknya aku udah dewasa secara pemikiran :)

Balas
avatar

Bagus Gan. Semangat untuk kedewasaannya :) Berpikir positif jauh lebih baik dan bermanfaat.

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus
avatar

Dari segi umur kayanya saya belum siap :3 :D

Balas
avatar

Harus siap Gan. Karena hidup selalu meningkat :)

Balas
avatar

owh jadi gitu ya brarti ane udh dewasa gk bocah lagi

Balas
avatar

Iya Gan. Tergantung dari pola berpikirnya :)

Balas
avatar

oh ini ciri-cirinya, thanks gan jadi tau sekarang...

Balas
avatar

Iya Gan. Semoga bermanfaat.

Balas

Kolom komentar tersedia untuk berdiskusi, berbagi ide, dan pengetahuan antar pengunjung juga Admin. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik. Setialah pada topik apa yang telah dibahas. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap Suku, Agama, Ras, atau Antargolongan tertentu. Terimakasih atas pengertiannya.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔