Cara Ampuh Merawat Kesehatan Mata

Rabu, Juni 18, 2014
PilihanIni - Terkadang kita sering lupa untuk merawat kesehatan pada mata. Padahal mata termasuk dalam 5 indera yang sangat terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, tentu kita tidak bisa melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang terdekat kita.


Berikut, Cara Ampuh Merawat Kesehatan Mata :

1. Hindari Memakai Lensa Kontak Selama Lebih Dari 18 Jam
Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

2. Pakailah Kaca Mata Hitam Pelindung UV
Gunakan sebuah lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

3. Jangan Membaca Dengan Cahaya Yang Kurang
Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahatlah.

4. Jangan Langsung Melihat Cahaya Yang Terlalu Terang
Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda.

5. Hindari Duduk Terlalu Lama Di Depan Komputer
Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Hal itu dapat membuat mata lelah.

6. Makan Banyak Buah-Buahan Dan Sayuran
Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

7. Kurangi Penggunaan Tetes Mata
Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

8. Letakan Timun Di Atas Kelopak Mata
Letakan mentimun di atas kelopak mata untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.

9. Kenakan Kaca Mata Di Saat Yang Tepat
Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

10. Melatih Mata Dan Membuatnya Untuk Tetap Santai
Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.

Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.
Previous
Next Post »
14 Komentar
avatar

wah, pas bangetnih tipsnnya, kebetulan saya sring menghabiskan waktu di depan layar komputer. Dan ternyata buah-buahan dan sayuran juga dapat merawat mata dengan baik

Balas
avatar

Wah bermanfaat banget nih, bisa jadi tips yang di jadikan sebagai umum juga .
Kebetulan saya setiap hari juga di depan komputer ...

Balas
avatar

makasih mas, udah share beberapa cara merawat mata, kebetulan mata saya sudah agak buram dalam penglihatan

Balas
avatar

Iya Sob. Jangan terlalu sering berhadapan dengan komputer, karena bisa menyebabkan radiasi pada mata dan membuat mata kering.
Semoga bermanfaat.

Balas
avatar

Oke Sob.
Jangan terlalu sering berhadapan dengan komputer. Tahu sendiri kan penyebabnya apa? :D

Balas
avatar

Wah Sob, sebaiknya jika sudah buram penglihatan Sobat tersebut, sebaiknya periksa ke dokter atau klinik terdekat. Dan jangan lupa jangan terlalu sering berhadapan dengan komputer...

Balas
avatar

Point nomor 5 itu sangat cocok sekali untuk saya XD, kelemahan saya ya disitu : duduk terlalu lama di depan komputer :D
Lain kali saya kurangi ah, gk mau mata sakit :3

Balas
avatar

Langsung segera di atasi Sob.
Jangan terlalu lama juga berhadapan dengan komputer, apalagi dengan kualitas cahaya yang kurang (Redup).

Balas
avatar

wah info menarik buat ane yang suka di depan computer mulu

Balas
avatar

Oke Sob.
Segera di perbaiki sifat Sobat yang terlalu sering di depan komputer itu, karena bisa merusak penglihatan pada mata Sobat (Jika terlalu lama).

Balas
avatar

makasih sob, udh share, infonya menarik

Balas
avatar

Sama-sama Sob.
Semoga bermanfaat.

Balas
avatar

didalam mata terdapat sistem yang saling terkait satu sama lain, diantaranya adalah retina mata, namun jika retina ini mengalami bias berupa kelebihan intensitas cahaya maka mata akan mengalami disfunsialisasi , so mata juga perlu dijaga dan diistirahatkan

Balas
avatar

Harus itu Sob, mata perlu di istirahatkan, jangan terlalu di paksakan untuk melihat terus, apalagi melihat terang-terangan terlalu lama, itu bisa merusak mata. Terutama ya tadi, retina mata.

Balas

Kolom komentar tersedia untuk berdiskusi, berbagi ide, dan pengetahuan antar pengunjung juga Admin. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik. Setialah pada topik apa yang telah dibahas. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap Suku, Agama, Ras, atau Antargolongan tertentu. Terimakasih atas pengertiannya.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔