Sekolah Dari Pagi Hingga Sore Membuat Anak Kelelahan, Guru Wajib Baca Ini!

Selasa, Juli 29, 2014
PilihanIni - Berkumpul bersama teman dan tetangga sangat penting untuk perkembangan anak. Tapi, kebanyakan anak zaman sekarang menghabiskan banyak waktunya di sekolah. Belajar dari pagi hingga sore bisa membuat anak kelelahan. Kelelahan yang dimaksud adalah lelah fisik dan psikologis.


Berikut, Sekolah Dari Pagi Hingga Sore Membuat Anak Kelelahan, Guru Wajib Baca Ini! :

"Jika kebanyakan waktunya di sekolah, anak dituntut untuk meningkatkan kemampuan kognisi (Kemampuan berpikir) dari pagi hingga sore atau malam, sementara area lain tidak diperhatikan maka anak akan mengalami dampak yang merugikan misalnya kelelahan (Burn out) atau kompensasi ke perilaku yang tidak adaptif misalnya agresi, mencari pelarian, dan sebagainya," kata Psikolog Klinis dari Universitas Sanata Dharma (USD), Yogyakarta, Heri Widodo, M.Psi, saat dihubungi Tim Health Liputan6.com, Jakarta, Jumat (25/4/2014).

Heri telah menjelaskan, sebenarnya burn out bisa terjadi pada semua orang. Ini merupakan kelelahan yang berlebihan di luar ambang batas yang bisa dihadapi. Efek dari burn out berupa berbagai perilaku tidak adaptif termasuk juga tidak melakukan apa pun.

"Pada anak dapat membuatnya tidak mau sekolah bahkan tidak mau bermain sekalipun. Saat ini muncul school refusal yaitu menolak sekolah akibat banyaknya tuntutan kognitif atau capaian performansi pada anak. Dapat dicegah dengan menurunkan tuntutan pada anak lewat pengurangan tugas dan variasi pemberian tugas.

Sementara apabila anak dititipkan di sekolah karena orangtua yang sibuk kerja, menurut Heri, ada hal yang perlu diperhatikan untuk kondisi sekolah. Apabila sekolah tersebut memberikan fasilitas yang memadai untuk tumbuh kembang anak, maka anak tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

"Misalnya saja fasilitas bermain, bersosialisasi, pengembangan bakat sesuai minat anak, bahkan mungkin fasilitas istirahat, kesehatan, dan makan minum yang memadai. Kondisinya akan sangat berbeda jika sekolah minim fasilitas tumbuh kembang atau juga terlalu menuntut perkembangan tertentu," ujarnya.
Previous
Next Post »
11 Komentar
avatar

kunjungan perdana gan...

salam kenal dari saya

Balas
avatar

Bener gan kata anda,memang sangat melelahkan terlalu lama belajar.Enakan ngaji .

Balas
avatar

Iya Sob, yang ada siswa jadi malas berpikir ketika diri mereka lemah.
Benar, ngaji bisa membuat kita lebih baik di dunia dan di akhirat nanti Sob. :)

Balas
avatar

. :D sekolah sampe jam 12 aja udah melelahkan, :D btw ada juga loh murid yang kerjanya belajar walau udah pulang sekolah tetap ikut les diluar sekolah. :D sip artikel yang menarik bro!

Balas
avatar

wah :D bener tuh gan :d pas pulang udah tidur :d cavek

Balas
avatar

Hehehe. Benar tuh!
Tapi bikin penyakit kelelahan juga Sob, seharian penuh belajar. -_-

Balas
avatar

Menurut ane, sekolah yang normal itu dari jam 7-12, jam 1-3 otak udah kurang efektif & sulit menerima pelajaran. Dan seharusnya sekolah itu tidak memaksakan otak pelajar. untuk selalu bekerja.

Balas
avatar

Benar sekali Sob. :)
Guru-guru sekarang banyak yang memaksakan anak muridnya untuk belajar.
Mereka tidak tahu, otak dan fisik anak muridnya sudah mulai melemah, yang ada jadi malas dan frustasi dalam belajar.

Balas
avatar

that right im my country now day all parent alway want their children can study full day week and study at night and think that study better than but they don't know study over make children tired and not good, we should a sitable course to has the hihgest result save lagu

Balas
avatar

cape bgt lah sekolah bgtu saya mah gk kuat deh -_-
bagishared

Balas

Kolom komentar tersedia untuk berdiskusi, berbagi ide, dan pengetahuan antar pengunjung juga Admin. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik. Setialah pada topik apa yang telah dibahas. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap Suku, Agama, Ras, atau Antargolongan tertentu. Terimakasih atas pengertiannya.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔