Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Rabu, Juli 23, 2014
PilihanIni - Pada zaman yang modern seperti sekarang ini bahasa Inggris sudah dianggap sebagai bahasa yang universal. Tidak hanya bisnis dan ekonomi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pun seringkali harus dikejar dengan menguasai bahasa Inggris. Begitu pentingnya penguasaan bahasa Inggris hingga bahasa yang satu ini diajarkan sejak dini di sekolah-sekolah dan menjadi salah satu persyaratan penting dalam sebuah pekerjaan.

Walaupun saat ini penguasaan bahasa Inggris merupakan hal yang lumrah di antara masyarakat Indonesia, kenyataannya tidak semua orang bisa menguasai bahasa asing ini dengan mudah. Banyak yang perlu mengambil kursus atau pelatihan tertentu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Padahal sebenarnya sangat banyak cara yang lebih sederhana namun efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yang bisa ditempuh.


Berikut, Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris :

1. Membaca
Cara pertama untuk mengasah kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris adalah dengan banyak membaca literatur dalam bahasa Inggris. Jika Anda suka mengikuti berita atau gosip seputar dunia selebriti di koran dan majalah, Anda bisa rutin membaca berita dari situs-situs luar negeri. Jika Anda penggemar novel atau komik, cobalah baca novel fiksi dan komik yang berbahasa Inggris. Anda bisa menemukan berbagai macam ebook yang bisa dibaca kapan saja dari internet, dengan harga murah maupun gratis dan tidak menghabiskan biaya yang besar seperti jika Anda harus membeli buku berbahasa Inggris yang dicetak di atas kertas.

Tidak masalah jika awalnya Anda merasa kesulitan dalam memahami apa yang Anda baca. Tidak perlu sedikit-sedikit membuka kamus. Teruskan membaca hingga Anda sedikit-banyak mengerti garis besar berita. Lama-kelamaan Anda akan terbiasa dengan struktur kalimat dan pemilihan katanya. Hanya butuh beberapa bulan saja untuk terbiasa dengan pola membaca seperti ini.

2. Mengamati
Yang dimaksud mengamati di sini tentu saja mengamati segala hal yang berhubungan dengan bahasa Inggris di sekitar Anda. Perhatikan film-film berbahasa Inggris yang Anda sedang tonton, dan cobalah untuk lebih menghayati dialognya tanpa terlalu sering melirik subtitle. Perhatikan cara pengucapan, kosakata, atau penggunaan frase-frase tertentu dalam berbagai konteks yang diucapkan para aktor dan aktris dalam film.

Observasi secara visual seperti ini akan memberikan persepsi yang lebih baik untuk Anda, sehingga Anda akan lebih cepat mahir. Mencari tahu sebuah arti lirik lagu-lagu favorit Anda juga akan membantu untuk menambah perbendaharaan kata dengan cara yang menyenangkan.

3. Menulis
Setelah banyak membaca dan mengamati, pemahaman Anda akan bahasa Inggris pastinya akan lebih meningkat. Tetapi hal ini masih menjadikan Anda dalam kategori pengguna bahasa Inggris pasif. Untuk lebih meningkatkan kemampuan Anda, cobalah untuk menulis dalam bahasa Inggris. Anda bisa melatih diri dengan menerjemahkan curhatan yang biasa Anda tulis dalam diary atau review di blog ke dalam bahasa Inggris.

Tidak masalah jika tata bahasa Anda masih kacau. Yang penting Anda bisa berlatih untuk membiasakan diri menggunakan bahasa asing. Menuliskan kosakata yang baru Anda kenal adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk menghapalnya. Dan dengan menuliskan rangkaian kalimat dalam bahasa Inggris Anda jadi lebih mudah mengevaluasi kesalahan tata bahasa Anda.

4. Praktek Berbicara
Tata bahasa yang bagus tidak akan ada artinya jika Anda tidak pernah mempraktekkannya dalam percakapan. Karena tujuan dari bahasa adalah untuk berkomunikasi, maka Anda harus belajar untuk mengkomunikasikan maksud Anda secara lisan dalam bahasa Inggris. Kuncinya adalah berusaha agar orang lain mengerti apa yang Anda sampaikan dalam bahasa Inggris terlebih dahulu. Setelah terbiasa bercakap-cakap dalam bahasa Inggris, secara otomatis Anda akan belajar untuk memperbaiki tata bahasa yang Anda gunakan dalam berbicara.

5. Manfaatkan Game Dan Sosial Media
Ini adalah salah satu cara yang paling mudah juga untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Manfaatkan semua sosial media yang Anda punya untuk belajar bahasa Inggris. Setting akun Facebook, Instagram, dan Twitter dalam bahasa Inggris. Carilah teman-teman di dunia maya yang menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dan sering-sering berinteraksi dengan mereka. Selain bisa menambah teman dari berbagai negara, berinteraksi dengan mereka akan memberikan Anda kesempatan untuk mempelajari kosakata baru.

Mainkan game-game yang Anda sukai. Biasanya game, entah yang bertipe RPG atau time management dan strategi biasanya disertai dengan dialog dalam bahasa Inggris. Tentu, sambil bermain Anda bisa sambil belajar bahasa Inggris dari sana.

6. Membuat Catatan Kecil
Jika Anda menemukan kosakata baru yang tidak Anda ketahui artinya atau yang Anda dengar sambil lalu, tidak ada salahnya jika membuat catatan kecil untuk membantu Anda lebih mudah mengingat dan mempelajarinya lagi saat ada waktu. Ini bukan usaha yang sulit. Anda tidak perlu membawa-bawa pensil dan buku ke mana-mana. Cukup catat di ponsel. 
Previous
Next Post »
12 Komentar
avatar

Sekarang sudag jaman modern semua pake kamus translate , tp sy akan tetap belajar krn suatu saat nanti akan kluar negeri hehe

Balas
avatar

dicoba dulu gan tipsnya, bahasa inggris ane masih kacau neh :3

Balas
avatar

bener tuh dari manfaat game, saya juga mengalaminya dari game :D

Balas
avatar

Iya Sob, zaman sekarang memang serba canggih. Namun, ada hal yang sangat sederhana yang mampu untuk belajar berbahasa Inggris ini, ya seperti 6 kriteria di atas. :)

Balas
avatar

Silahkan Sob, semoga bermanfaat. :)

Balas
avatar

makasih sob akhirny ane nemu artikel ini juga :)

Balas
avatar

Iya Sob, karena game kebanyakan menggunakan bahasa Inggris. :D

Balas
avatar

Sama-sama Sob, semoga bermanfaat. :)

Balas
avatar

wah gan :D
Mau ngikut cara ente akhh :D

kali aja MInggu depan ke London :)

Sukses terus yaa

Balas
avatar

Silahkan Sob. :)
Tapi sepertinya jika minggu depan langsung ke London itu terlalu cepat. :D
Butuh waktu juga untuk melakukan hal sederhana ini.
Terima kasih, salam sukses juga ya. :)

Balas

Kolom komentar tersedia untuk berdiskusi, berbagi ide, dan pengetahuan antar pengunjung juga Admin. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik. Setialah pada topik apa yang telah dibahas. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap Suku, Agama, Ras, atau Antargolongan tertentu. Terimakasih atas pengertiannya.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔