Cara Mudah Untuk Membuat Layar Smartphone Menjadi Awet

Kamis, Mei 15, 2014
PilihanIni - Smartphone, phablet, atau tablet bukanlah perangkat yang tidak mudah rusak. Walaupun sudah memiliki sertifikat tahan guncangan (Benturan), namun masih saja ada kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh perangkat mobile tersebut.

Salah satu posisi yang paling rentan rusak adalah layar. Oleh karenanya, banyak perusahaan yang melengkapi produknya dengan teknologi tercanggih agar layar dari produknya itu tidak lekas rusak, salah satunya dengan menggunakan teknologi dari Gorilla Glass.


Berikut, Cara Mudah Untuk Membuat Layar Smartphone Menjadi Awet :

1. Gunakan Stylush Atau Jari
Terkadang, karena malas atau sejenisnya, pengguna perangkat mobile menggunakan alat yang ada di dekatnya. Walaupun perangkat mobile yang dimilikinya dilengkapi dengan layar anti gores dan kuat, bukan berarti akan selamanya kuat apabila pengoperasiannya tidak selayaknya.

Oleh karenanya, disarankan untuk menggunakan stylush atau juga jari tangan dalam pengoperasiannya bukan dengan menggunakan alat lain yang dapat merusak layar smartphone Anda. Hal ini untuk mengurangi tingkat goresan pada layar.

2. Jauhkan Layar Dari Sinar Matahari Secara Langsung
Memang diperbolehkan menggunakan perangkat mobile khususnya yang touchscreen di daerah terbuka atau di bawah terik matahari. Namun, disarankan untuk tidak berlama-lama dalam pengoperasian di bawah terik sinar matahari, karena akan dapat mengurangi kualitas dari layar LCDnya.

3. Pakai Pelindung (Casing Tertutup)
Menggunakan screen protector saja tidaklah cukup untuk dapat menjaga layar dan sekeliling luar dari suatu perangkat mobile. Oleh karenanya disarankan untuk menggunakan flip cover atau casing tertutup yang sekarang ini sudah dijual bebas di pasaran.

4. Jangan Sembarang Menggunakan Bahan (Kain) Dalam Membersihkan Layar
Dikarenakan layar adalah bagian dari perangkat mobile yang cukup sensitif, maka disarankan pula untuk menggunakan kain khusus dalam membersihkannya.

Dalam hal ini, disarankan untuk menggunakan kain microfiber yang memang diciptakan khusus untuk membersihkan layar perangkat mobile atau juga kaca mata. Gunakan pelembap, cairan pembersih, atau sejenisnya dengan merata dan secukupnya dan bersihkan secara perlahan.

5. Hindari Burn-In
Mungkin istilah Burn-In tidak banyak diketahui pengguna perangkat mobile di Indonesia pada khususnya. Burn-In adalah berkurangnya kualitas warna dan intensitas komponen emisi cahaya yang dimiliki sebuah perangkat mobile karena layar dibiarkan menyala tanpa aktivitas apapun dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kebanyakan, masalah Burn-In ini menimpa produk-produk dari Samsung, khususnya Galaxy Note.

Disarankan untuk menonaktifkan layar ketika sedang tidak digunakan atau juga mengatur perangkat agar layar dapat non-aktif secara otomatis ketika tidak digunakan dalam waktu beberapa menit.
Previous
Next Post »
5 Komentar
avatar

wow, kebetulan banget saya mau beli smartphone, jadi tau bagaimana cara merawatnya yang baik :)

Balas
avatar

ohh gitu ya gan, ane coba dulu gan biar layar smartphone ane awet :D

Balas
avatar

Wah, pas banget nih. Masih banyak lagi kok cara-cara merawat smartphone lainnya, ini hanya bagian terpenting saja. Semoga bermanfaat.

Balas
avatar

Silahkan Gan. Semoga bermanfaat.

Balas
avatar

Iya Gan, silahkan :)
Semoga bermanfaat :)

Balas

Kolom komentar tersedia untuk berdiskusi, berbagi ide, dan pengetahuan antar pengunjung juga Admin. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik. Setialah pada topik apa yang telah dibahas. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap Suku, Agama, Ras, atau Antargolongan tertentu. Terimakasih atas pengertiannya.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔