Tips Membuat Komputer Aman Dari Serangan Malware, Virus, Trojan, Dan Sejenisnya

Jumat, Januari 31, 2014
PilihanIni - Pernah Anda mendengar apa itu malware, virus, trojan, dll? Sedikit pendengaran Anda pasti pernah mendengar sejenis itu. Namun, apakah Anda mengetahuinya? Malware, virus, trojan, dan sejenisnya adalah sistem yang beroperasi untuk membuat komputer Anda rusak. Dari berbagai file, dokumen, dan icon-icon lain, banyak tentunya yang mengandung malware, virus, trojan, dll. Terus gimana cara mencegahnya? Yuk, simak postingan di bawah ini.


Berikut, Tips Membuat Komputer Aman Dari Serangan Malware, Virus, Trojan, Dan Sejenisnya :

1. Coba lakukan Online Scanner.

2. Jika hasilnya komputer Anda telah bebas virus, baru install anti virus yang mudah digunakan dan dimengerti oleh Anda, jangan menginstall antivirus yang Anda sendiri tidak tahu cara mengoperasikannya, jangan cuma ikut-ikutan kata orang. Jangan menginstal antivirus pemberian teman dari flashdisk, atau beli CD kumpulan antivirus bajakan. Yang terbaik ya download dan install langsung dari internet, ini lebih aman.

3. Setelah antivirus telah berhasil terinstall, lakukan full scanner untuk semua drive HDD aktif termasuk flash disk, mungkin akan memakan waktu lama. Baca baik-baik jendela info yang ditampilkan software antivirus yang Anda gunakan.

4. Jika antivirus menyatakan komputer Anda bebas virus, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan jika ingin komputer Anda seterusnya bebas virus.

  • Jika memasukan flash disk, selalu scan virus flash disk tersebut dan jika muncul jendela untuk menjalankan perintah autorun sebaiknya di cancel.
  • Jika ingin membuka sebuah folder di flash disk jangan langsung klik folder tersebut, gunakan explorer (Windows + e) untuk ngebrowsing flash disk. Di explorer ada dua jendela kiri dan kanan selalu gunakan jendela sebelah kiri untuk membuka folder, seperti gambar berikut :

  • Selalu aktifkan hidden files, folders, and drives ini berguna untuk melihat file-file virus yg di hidden atau file-file yang di hidden oleh virus, caranya seperti gambar. berikut :

  • Jangan gunakan software bajakan, banyak software gratis dengan fungsi yang sama. Karena software bajakan biasanya harus di crack, nah biasanya program cracknya ini yang bervirus, jadi percuma kalo nantinya komputer yang udah di sterilkan terinfeksi virus komputer lagi.
  • Jangan download file dengan ekstensi ganda, misalnya VirusScannerPro.rar.exe, LogoVirusDel.cdr.exe, atau FilmHantu.avi.exe. Ketiganya bisa dipastikan bervirus, atau jangan download file dengan ekstensi .exe, .com,.vbs, .js atau file-file yang dapat di running atau eksekusi langsung, tidak aman. Jika file .exe installasi bisa di download, jika di download darisitus resmi pengembangnya.
  • Jika mendownload file kompresi .zip, .rar dan sejenisnya, harus di lihat dulu isinya sebelum di ekstrak atau bisa di scanning dulu sebelum di ekstrak.
Previous
Next Post »
3 Komentar
avatar

pelajaran baru buat aku.

Balas
avatar

Trims ya,
Sharing infonya bermanfaat.

Boleh dong kunjungan baliknya ke web saya :D
Langsung Cek di https://irhammaulanaagres.wixsite.com/home

Balas

Kolom komentar tersedia untuk berdiskusi, berbagi ide, dan pengetahuan antar pengunjung juga Admin. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik. Setialah pada topik apa yang telah dibahas. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap Suku, Agama, Ras, atau Antargolongan tertentu. Terimakasih atas pengertiannya.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔